Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN 98 Tangko di Kab. Enrekang

SENAWATI, SENAWATI (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN 98 Tangko di Kab. Enrekang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SENAWATI.doc

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan; (1) Penerapan PBM dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa SDN 98 Tangko di Kab. Enrekang., 2) Gambaran hasil belajar siswa melalui penerapan PBM dalam mengbah hasil belajar bahasa Indonesia siswa SDN 98 Tangko di Kab. Enrekang., 3) Mengetahui pengaruh penerapan model PBM terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa SDN 98 Tangko di Kab. Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 98 Tangko di Kab. Enrekang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 176 peserta didik yang terhitung dari Kelas IV, dengan pengambilan sampel teknik simple random sampling sejumlah 35 siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan non-tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) gambaran penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran bahasa Indonesia berada pada kategori sedang. 2) Gambaran hasil belajar bahasa indonesia siswa di SDN 98 Tangko di Kab. Enrekang berada pada kategori baik. 3) terdapat pengaruh positif penerapan PBM terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa SDN 98 Tangko di Kab. Enrekang. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 04:04
Last Modified: 10 Apr 2018 04:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7234

Actions (login required)

View Item View Item