Pengembangan Media Pembelajaran Mozaik Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia Dini.

ST. NURAENI, ST. NURAENI (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Mozaik Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.doc

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kebutuhan media pembelajaran mozaik tiga dimensi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak; (2) mengembangkan protipe pembelajaran dengan menggunakan media mozaik tiga dimensi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak; dan (3) mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran mozaik tiga dimensi yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada Taman Kanak-Kanak Candrakirana IX-6 Kabupaten Maros.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran tingkat kebutuhan media pembelajaran mozaik tiga dimensi pada anak usia dini di TK Candrakirana IX-6 Kabupaten Maros menunjukkan bahwa penyampaian pembelajaran apapun bagi anak hendaknya disesuaikan dengan tingkat pencapaian perkembangan usia anak dan penggunaan media sangat berperan dalam keberhasilan proses pembelajaran termasuk untuk perkembangan motorik halusnya; (2) gambaran prototipe pengembangan media pembelajaran mozaik tiga dimensi yang dikembangkan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran mozaik tiga dimensi dalam meningkatkan motorik halus anak, ditinjau dari keseluruhan aspek sudah dinyatakan valid, namun masih terdapat saran-saran perbaikan yang perlu diperhatikan untuk kesempurnaan perangkat pembelajaran tersebut; dan (3) Hasil pengembangan media pembelajaran mozaik tiga dimensi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada Taman Kanak-Kanak Candrakirana IX-6 Kabupaten Maros ditinjau secara empirik, pengelolaan media pembelajaran terlaksana dengan baik karena telah memenuhi kriteria keterlaksanaan saat ujicoba pengembangan media pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penilaian observer dan validator, media pembelajaran mozaik tiga dimensi telah memenuhi kriteria kepraktisan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:39
Last Modified: 10 Apr 2018 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

View Item View Item