Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Pendekatan Kombinasi Experiences, Language, Pictorial, Symbol, Application (ELPSA) dan Saintifik

Assaibin, Muhammad (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Pendekatan Kombinasi Experiences, Language, Pictorial, Symbol, Application (ELPSA) dan Saintifik. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan uji coba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Pendekatan Kombinasi Experiences, Language, Pictorial, Symbol, Application (ELPSA) dan Saintifik pada pokok bahasan pertidaksamaan nilai mutlak, pecahan, dan irrasional yang meliputi Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Polewali Mandar, dengan jumlah siswa 35 orang siswa. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan (4-D) yang meliputi empat tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 75,42 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 8,69. Dimana 29 dari 35 siswa atau 82,85% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (2) dengan menggunakan perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Pendekatan Kombinasi Experiences, Language, Pictorial, Symbol, Application (ELPSA) dan Saintifik, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respon yang baik terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; dan (4) tingkat kemampuan guru mengelola proses pembelajaran Model Kooperatif dengan Pendekatan Kombinasi Experiences, Language, Pictorial, Symbol, Application (ELPSA) dan Saintifik termasuk dalam kategori baik, artinya penampilan guru dapat dipertahankan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan Model Kooperatif dengan Pendekatan Kombinasi Experiences, Language, Pictorial, Symbol, Application (ELPSA) dan Saintifik yang dikembangkan telah memenuhi syarat valid, efektif, dan praktis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:30
Last Modified: 10 Apr 2018 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7225

Actions (login required)

View Item View Item