“Pengaruh Model Example Non-Examples Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Religius Siswa Kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 5 Kabupaten Majene”

Any, Andi Sitti Nur (2015) “Pengaruh Model Example Non-Examples Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Religius Siswa Kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 5 Kabupaten Majene”. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS.docx

Download (29kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mendeskripsikan pengaruh model example non-Examples terhadap kemampuan menulis puisi religius siswa kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 5 Majene. Penelitian ini mengangkat tiga aspek pembelajaran, yaitu: keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan pengaruh model pmbelajaran example non-examples. Model pembelajaran dikatakan berpengaruh positif jika ketiga aspek di atas terpenuhi dengan nilai mencapai kriteria ketuntasan minimal. Eksperimen ini terbagi dalam dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Majene sebanyak 70 siswa, terdiri atas kelas X Multimedia 1 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran example non-examples dan kelas X Teknik Kendaraan Ringan 35 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode struktural. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cara random sampling melalui undian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest, keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respons siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif adalah: (1) Hasil belajar menulis puisi religius siswa yang diajar dengan menggunakan model example non-examples berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 79,57 dan standar deviasi 7,67. (2) Hasil belajar menulis puisi religius siswa yang diajar dengan menggunakan metode struktural berada pada kategori sedang dengan rata-rata 68,90 dan standar deviasi 7,93. (3) Model pembelajaran example non-examples memudahkan siswa dalam menerima pelajaran. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar menulis puisi religius siswa menggunakan model example non-examples lebih baik dibandingkan hasil belajar menulis puisi religius siswa menggunakan metode struktural. Dengan kata lain, pembelajaran model example non-examples berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi religius.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:20
Last Modified: 10 Apr 2018 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7222

Actions (login required)

View Item View Item