Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Sains Peserta Didik di Kelas V SD Negeri Barembeng II kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

UKMI, ANDI NURHIDAYAH (2018) Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Sains Peserta Didik di Kelas V SD Negeri Barembeng II kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. BAB I,II,III..docx

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di SD Inegeri Barembeng II yang bertujuan: (1) Untuk mengetahui gambaran proses pelaksanaan pembelajaran Pendekatan saintifik oleh guru dan peserta didik kelas V di SD Negeri Barembeng II, (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelompok kontrol sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konvensional, (3) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran saintifik, (4) Untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar sains peserta didik kelas V SD Negeri Barembeng II kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Masalah penelitian ini yaitu apakah pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Barembeng II Kacamatan Bontonompo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 peserta didik yang terdiri dari 20 peserta didik kelas V A dan 20 kelas VB peserta didik SD Negeri Barembeng II. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan guru dan peserta didik dalam proses pelaksanaan pendekatan pembelajaran saintifik mengalami peningkatan, (2) ) hasil belajar sains peserta didik kelompok kontrol dengan pelaksanaan pembelajaran konvensional mengalami peningkatan yang rendah, (3) hasil belajar sains peserta didik kelompok eksperimen dengan menggunakan Pendekatan pembelajara saintifik mengalami peningkatan (4) Pelaksanaan pendekatan pembelajaran saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar sains peserta didik di kelas V SD Negeri Barembeng II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:14
Last Modified: 10 Apr 2018 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7219

Actions (login required)

View Item View Item