Implementasi Pendekatan Matematika Realisti-Saintifik Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Maniangpajo

Hamzah., Hamzah. (2015) Implementasi Pendekatan Matematika Realisti-Saintifik Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Maniangpajo. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL Hamzah.docx

Download (66kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang proses pendekatan matematika realistik-saintifik dan untuk mengetahui gambaran peningkatan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Maniangpajo setelah diterapkan pendekatan matematika realistik-saintifik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ).Penetapan subjek penelitian dilakukan dengan memilih salah satu kelas yang diajar dengan penerapan pendekatan matematika realistik-saintifik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru,tes hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan matematika realistik-saintifik pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Maniangpajo tahun pejaran 2014/2015 dilaksanakan dengan siswa bekerja sama dalam kelompok mengerjakan LKS ,menemukan konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar dengan menggunakan langkah-langkah PMR yaknmemahami masalah kontekstual, menyelesaiakan masalah kontekstual membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan menyimpulkan serta menggunakan langkah langkah pendekatan saintifik berupa mengamati, menanya, mencoba, menganalisis dan menyimpulkan.Terjadi peningkatan kualitas pembelajaran matematika, baik dari segi proses maupun hasil belajar siswa. Proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II meningkat masih berada pada kategori baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II sangat meningkat dan berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan matematika realistik-saintifik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maniangpajo tahun pelajaran 2014/2015, mengalami peningkatan secara klasikal, dari siklus I ke siklus II, pada siklus I ketuntasan klasikal diperoleh 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,67% dari jumlah siswa yang mengikuti tes. Dari hasil analisis di atas disimpulkan bahwa dengan implementasi pendekatan matematika realistik-saintifik dapat meningkatkan kualitas belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Maniangpajo.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 02:47
Last Modified: 10 Apr 2018 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7210

Actions (login required)

View Item View Item