Keefektifan Metode Pembelajaran SQ4R dalam Menyimpulkan Isi Artikel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng

Jayadi, Saputra (2014) Keefektifan Metode Pembelajaran SQ4R dalam Menyimpulkan Isi Artikel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jayadi Saputra.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Jayadi Saputra. 2014. “Keefektifan Metode Pembelajaran SQ4R dalam Menyimpulkan Isi Artikel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng.”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Anshari dan Johar Amir). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran SQ4R dalam pembelajaran menyimpulkan isi artikel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok kelas eksperimen yang menggunakan metode SQ4R dan kelompok kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 210 orang terbagi ke dalam tujuh kelas. Dalam penelitian ini, ditetapkan jumlah sampel sebanyak 28% dari 210 orang siswa. Jadi, jumlah sampel yang ditetapkan adalah 60 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan sampel acak (simple random sampling) dengan pertimbangan bahwa sampel mempunyai sifat yang hampir sama. Untuk mengumpulkan data penelitian ini, digunakan artikel sebagai bahan bacaan kemudian dibagikan beberapa pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda guna mengukur kemampuan siswa dalam menyimpulkan. Data yang telah terkumpul dianalisis Analisis statistika inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t namun sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian normalitas yang digunakan adalah Kolgomorov-Smirnov untuk mengetahui apakah data yang mengikuti populasi berdistribusi normal kemudian untuk membuktikan apakah metode efektif digunakan dalam pembelajaran membaca guna menyimpulkan isi artikel, sekaligus menjawab hipotesis penelitian digunakan uji t dengan bantuan komputer yaitu program SPSS Versi 16. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh temuan bahwa metode pembelajaran SQ4R efektif dalam pembelajaran menyimpulkan isi artikel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng karena perolehan nilai kelas kontrol sangat jauh berbeda dinbandingkan dengan kelas eksperimen. Jumlah siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas telah mencapai angka 90% melebihi dari standar yang ditetapkan yakni 85% setelah diterapkan metode SQ4R, padahal sebelumnya pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah hanya mampu memperoleh angka rata-rata 61,7 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar kiranya guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng menggunakan metode SQ4R dalam melatih siswa dalam kegiatan membaca terutama dalam hal membaca guna menyimpulkan isi teks bacaan, sehingga kemampuan siswa dapat lebih meningkat, khususnya pada aspek membaca.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:51
Last Modified: 25 Apr 2016 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item