Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS 1 SMA Islam Athirah Bukit Baruga Di Kota Makassar

PASEBA, RAMLAH (2016) Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS 1 SMA Islam Athirah Bukit Baruga Di Kota Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ramlah.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi melalui metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas X IPS 1 SMA Islam Athirah Bukit Baruga, pada kompotensi dasar Manajemen semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penggunaan lembar observasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata untuk siklus I ialah 73,57 sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 66,67 persen, dan pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh ialah 81,42 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 85,71 persen. Meningkatnya hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran metode tutor sebaya ditandai dengan semakin meningkatnya persentase kategori dari kategori kurang pada siklus I menjadi kategori amat baik pada siklus II. Data hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan dan perhatian siswa dalam belajar ekonomi baik pada saat pembelajaran maupun dalam kelompoknya. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XIPS I SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Tutor Sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 01:49
Last Modified: 10 Apr 2018 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7199

Actions (login required)

View Item View Item