Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) Pada Materi Konsumsi dan Investasi di Kelas X SMAN 10 Makassar

Rasyid, Thaha Ar (2016) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) Pada Materi Konsumsi dan Investasi di Kelas X SMAN 10 Makassar. Diploma thesis, FE.

[img]
Preview
Text
12. bab 1.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian semu (Quasi Eksperimental Design) yang bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X.8 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X.11 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) (3) Untuk mengetahui apakah hasil belajar ekonomi siswa pada materi Konsumsi dan Investasi yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dibanding tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ). Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu kelas X.8 yang terdiri dari 32 siswa dan kelas X.11 sebanyak 34 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar ekonomi pada pokok bahasan konsumsi dan investasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang diolah menggunakan program SPSS versi 20 for windows. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebelum diberi perlakuan yaitu 42,81 dan untuk kelas eksperimen II yaitu 36,62. Setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata kelas eksperimen I yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing sebesar 75,31 dan kelas eksprimen II yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) sebesar 64,41. Analisis inferensial uji-t diperoleh 0,0135 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa pada materi Konsumsi dan Investasi yang diajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dibanding tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 07:49
Last Modified: 09 Apr 2018 07:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7174

Actions (login required)

View Item View Item