Efektivitas Teknik Afirmasi dalam Menurunkan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi

Imamah, Zakiyyatul (2018) Efektivitas Teknik Afirmasi dalam Menurunkan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
kumpulan jurnal b.indo.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Stres akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang sedang mengerjakan skripsi berada pada tingkat sedang, sehingga dibutuhkan teknik intervensi untuk menurunkan stres akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik afirmasi terhadap penurunan tingkat stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek penelitian berjumlah 18 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar yang berjenis kelamin perempuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accindetal sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian membuktikan bahwa teknik afirmasi efektif dalam menurunkan tingkat stres akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi p= 0,000 (p<0,05). Penelitian ini memberikan alternatif baru untuk menurunkan stres akademik yang dialami mahasiswa selama mengerjakan skripsi dengan teknik afirmasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 07:38
Last Modified: 02 Aug 2018 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7172

Actions (login required)

View Item View Item