Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada siswa Kelas VII SMPN 8 Bulukumba.

NUR., RIZKI AMALIA (2015) Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada siswa Kelas VII SMPN 8 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas VII SMPN 8 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan desain pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Bulukumba tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari tiga rombel. Dari populasi yang ada terpilih dua rombel, masing-masing rombel berjumlah 30 siswa yang mana menggunakan tekhnik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan pemberian tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Data dianalisis statistik secara deskriptif dan inferensial (menggunakan statistik uji-t dengan bantuan program SPSS 18.00 for windows), pada taraf signifikan lebih kecil dari 5 % atau α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada Kelas VII SMPN 8 Bulukumba. Hal ini didasarkan pada uji hipotesis dengan uji-t. hasil menunjukkan nilai thitung < ttabel = 0,002 < α (0,05). (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada Kelas VII SMPN 8 Bulukumba. Hal ini didasarkan pada uji hipotesis dengan uji-t. hasil menunjukkan nilai thitung > ttabel = 0,312 > α (0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 07:16
Last Modified: 09 Apr 2018 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7169

Actions (login required)

View Item View Item