Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika SMA Interaktif Berbasis Web 2.0

GAZALI, MUHAMMAD (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika SMA Interaktif Berbasis Web 2.0. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (80kB)

ABSTRAK Kebutuhan pendidik terhadap media pembelajaran yang mempermudah mereka dalam mengajarkan materi pembelajaran kepada peserta didiknya sangat besar. Di samping itu, internet sebagai bagian dari kemajuan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai multimedia pembelajaran interaktif yang dapat membuat peserta didik kita lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran fisika SMA interaktif berbasis web 2.0. Multimedia yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli media dan materi. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari praktisi yang merupakan guru fisika SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar sebanyak 2 orang dan peserta didik Kelas XI SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar sebanyak 40 orang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah profil multimedia pembelajaran fisika SMA interaktif berbasis web 2.0 pada materi termodinamika yang valid dan praktis?. Prosedur pengembangannya menggunakan model pengembangan software waterfall yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, validasi, uji coba, verifikasi, dan pemeliharaan. Tahap analisis mencakup (1) analisis awal, (2) analisis perserta didik, (3) analisis konsep, dan (4) analisis tugas. Tahap perancangan mencakup pembuatan strukturisasi materi, storyboard, dan perangkat pembelajaran yang digunakan. Pada tahap validasi, dilakukan validasi oleh para ahli dan direvisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Pada tahap uji coba, multimedia yang dikembangkan dinilai kepraktisannya oleh praktisi di sekolah dan para peserta didik. Pada tahap verifikasi proyek, multimedia yang dinilai oleh praktisi direvisi dan diperbaiki dengan konsultasi dosen pembimbing. Pada tahap pemeliharaan dan diseminasi terbatas, multimedia pembelajaran yang dikembangkan disebarkan secara terbatas ke sekolah uji coba dengan membuatkan akun guru dan peserta didik di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) multimedia pembelajaran berbasis web 2.0 dan RPP yang divalidasi oleh dua orang pakar dinyatakan valid sehingga layak digunakan untuk ujicoba, (2) multimedia pembelajaran berbasis web 2.0 yang dinilai oleh dua praktisi dinyatakan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah, (3) multimedia pembelajaran yang dikembangkan merupakan Learning Management System (LMS) sederhana yang dapat digunakan dengan mudah oleh guru dan peserta didik secara online.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:53
Last Modified: 09 Apr 2018 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7165

Actions (login required)

View Item View Item