Manajemen Pembelajaran Penjaskes Pada SMA Negeri 3 Bulukumba

MUNAWIR, REZA (2015) Manajemen Pembelajaran Penjaskes Pada SMA Negeri 3 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel jurnal reza.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran Penjaskes Pada SMA Negeri 3 Bulukumba. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualititatif. Fokus penelitian yaitu manajemen pembelajaran penjaskes di SMA Negeri 3 Bulukumba. Fokus rinci peneltitian terdiri dari (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengevaluasian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjelaskan fokus penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan; (1) perpanjangan keikutsertaan; (2) ketekunan pengamatan; (3) triangulasi teknik dan sumber; (4) member check. Hasil penelitian ini meliputi (1) perencanaan pembelajaran penjaskes di SMA Negeri 3 Bulukumba perencanaan pengajaran yang dilaksanakan guru melalui tahapan-tahapan sebagai berikut ; 1). Membuat program tahunan; 2). Membuat program semester; 3). Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); 4). Menyiapkan materi pelajaran; 5). Menyiapkan media/ alat Bantu pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran; 6). Menyiapkan metode pembelajaran; 7). Menyiapkan bentuk evaluasi yang akan diberikan kepada siswa. (2) Pelaksanaan pembelajaran ditekankan pada pengembangan individu secara menyeluruh, dalam artian pengembangan intelektual, keterampilan afektif, termasuk pengembangan mental spiritual, pengembangan fisik dan kesegaran jasmani. (3) Evaluasi pembelajaran atau penilaian terhadap pemahaman dan daya serap peserta didik yang dilakukan guru olah raga dilakukan melalui test formatif, ulangan harian, ujian tengah semester, ujian semester, ujian nasional, dan remedial atau penggayaan terhadap anak yang belum tuntas setelah dievaluasi.Evaluasi merupakan salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam kegiatan pembelajaran. Dengan penilaian, guru akan mengetahui perkembangan hasil belajar, intelegensi, bakat khusus, minat, hubungan sosial, sikap dan kepribadian siswa atau peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:24
Last Modified: 09 Apr 2018 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7159

Actions (login required)

View Item View Item