Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada Kelas VI SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Kota Makassar.

BASRI., WIANTIK AKSARI (2016) Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada Kelas VI SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Kota Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Tesis.docx

Download (95kB)

ABSTRAK Banyak siswa yang beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami. Selain itu kebiasaan siswa menghafal rumus-rumus matematika tanpa mengetahui konsepnya mengakibatkan siswa hanya mampu menyelesaikan soal yang sama dengan contoh soal yang telah diberikan. Penyajian materi yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan karakteristik siswa SD yang berada pada tahap berpikir operasi konkret, siswa menyelesaikan permasalahan secara individu, interaksi antar siswa dan antara siswa dengan guru cenderung tidak dilakukan sehingga hanya siswa yang tahu saja yang aktif dalam proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu kasus pengajaran yang dialami para siswa SD dan masih perlu perbaikan yaitu masih masih rendahnya kemampuan siswa dalam materi operasi hitung bilangan bulat. Pada umumnya pembelajaran operasi hitung bilangan bulat di SD diberikan secara abstrak. Guru merasa kesulitan untuk mengkonkretkan operasi bilangan bulat terutama bilangan bulat negatif secara nyata. Oleh karena itu salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan melalui penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman matematika pada kelas VI SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Kota Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Kota Makassar melalui penerapan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket respons siswa. Pada penelitian ini telah dilaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan realistik dan model pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan masing-masing disajikan selama 4 kali tindakan dan 1 kali pemberian tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Kota Makassar dengan indikator sebagai berikut: (1) terjadi peningkatan rata-rata skor hasil belajar matematika yang dicapai 32 siswa dari sebelum pelaksanaan tindakan ke setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II; (2) persentase siswa yang tuntas belajar sudah memenuhi target minimal ketuntasan klasikal 75% siswa mencapai KKM; (3) rata-rata aktivitas siswa pada setiap aspek yang diamati menunjukkan bahwa aktivitas siswa dikatakan memenuhi kriteria efektif; (3) aktivitas guru menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajarn sudah berada pada kategori “sangat tinggi”; (4) secara keseluruhan komponen yang direspons mendapat respons positif dari siswa dengan persentase di atas 70%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:10
Last Modified: 09 Apr 2018 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7154

Actions (login required)

View Item View Item