. Peran Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Di SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep. Skripsi Prodi IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.

Sumarni,, Sumarni, (2013) . Peran Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Di SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep. Skripsi Prodi IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Sumarni,.docx

Download (11kB)

ABSTRAK Sumarni, 2013. Peran Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Di SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep. Skripsi Prodi IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru mata pelajaran IPS dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa di SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran IPS pada siswa di SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yakni menganalisis dan menjelaskan secara deskriptif mengenai peran guru mata pelajaran IPS dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala guru mata pelajaran IPS dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran IPS pada siswa di SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal yang meliputi: karakteristik siswa, intelegensi siswa, motivasi, kurangnya minat belajar siswa, dan konsentrasi belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi: sarana dan prasarana belajar, keluarga, dan lingkungan sosial siswa serta upaya guru mata pelajaran IPS dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran IPS pada siswa di SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep adalah: mengarahkan, membimbing dan mendorong siswa untuk belajar dalam berbagai kesempatan, meningkatkan motivasi belajar, memberikan bimbingan berupa kegiatan pengayaan, upaya peningkatan keterampilan belajar, mengarahkan siswa cara sikap dan kebiasaan belajar yang baik, serta melakukan evaluasi dan remedial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:46
Last Modified: 29 Apr 2016 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item