Pengaruh Nilai Budaya Bima “Maja Labo Dahu” dan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Ekosistem Siswa SMA Negeri di Wawo Bima

ASRI, ASRI (2017) Pengaruh Nilai Budaya Bima “Maja Labo Dahu” dan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Ekosistem Siswa SMA Negeri di Wawo Bima. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh Nilai budaya Bima (Maja Labo Dahu) terhadap hasil belajar ekosistem siswa SMA Negeri di Wawo Bima. 2) Untuk mengetahui pengaruh metakognitif terhadap hasil belajar ekosistem siswa SMA Negeri di Wawo Bima. 3) Untuk mengetahui pengaruh nilai budaya bima dan metakognitif secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekosistem SMA Negeri di Wawo Bima. 4) Untuk mengetahui pengaruh metakognitif tinggi terhadap hasil belajar ekosistem siswa SMA Negeri di Wawo Bima. 5) Untuk mengetahui pengaruh metakognitif rendah terhadap hasil belajar ekosistem siswa SMA Negeri di Wawo Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan true-experimetal desig’ns yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai budaya Bima “Maja labo Dahu” dan metakognitif terhadap hasil belajar ekosistem siswa SMA Negeri di Wawo kabupaten Bima. Adapun rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Nageri di Wawo Kabupaten Bima. Dan sampel pada penelitian diambil secara acak yaitu dengan cara membuat gulungan kertas sesuai dengan jumlah kelas, sehingga terpilih dua kelompok yaitu kelompok kelas X-4 berjumlah 32 orang sebagai keompok kontrol dan kelas X-2 sebagai kelompok experiment yang berjumlah 32 dengan jumlah sampel berjumlah 64 orang di SMA Negeri Wawo Bima. Untuk SMA Negeri 2 Wawo Bima dilakukan dengan cara yang sama yaitu diambil secara acak yaitu dengan membuat gulungan kertas sesuai jumlah kelas yang diteliti, adalah kelas XI -5 SMA Negeri 2 Wawo Bima sebagai kelompok experiment yang berjumlah 32 orang siswa dan kelompok X-3 di SMA Negeri 2 Wawo Bima berjumlah 32 orang siswa sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 64 orang siswa. Sehingga seluruh siswa yang dijadikan sebagai sampel baik disekolah SMA Negeri 1 Wawo maupun di SMA Negeri 2 Wawo Bima Sejumlah 128 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa nilai t hitung > t tabel (3,84 > 2,00) maka H0 diterima, artinya bahwa pembelajaran dengan pendekatan nilai budaya Bima “Maja Labo Dahu” (X1) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil belajar pada materi ekositem (Y). Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa nilai t hitung > t tabel (1,62 < 2,00) maka H0 diterima, artinya bahwa metakognitif (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Hasil belajar ekosistem (Y) tetapi tidak signifikan. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa nilai t hitung > t tabel (-1,39< 3,00) maka H0 diterima, artinya bahwa Metakognitif rendah (X) secara parsial berpengaruh terhadap Hasil belajar materi ekosistem siswa SMA Negeri di Wawo kabupaten Bima (Y) tetapi tidak signifikan. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa nilai t hitung < t tabel (1,38 < 2,00) maka H0 diterima, artinya bahwa metakognitif tinggi secara parsial berpengaruh terhadap Hasil belajar materi ekosistem siswa SMA Negeri di Wawo kabupaten Bima (Y) tetapi tidak signifikan. Dengan melihat hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemebelajaran nilai budaya Bima maja labo dapat berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 05:41
Last Modified: 09 Apr 2018 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7144

Actions (login required)

View Item View Item