Pengembangan Model Blog Pengawas Sekolah sebagai Media Pembinaan Guru SMA di Kabupaten Pinrang

IBRAHIM, IDARAHMA (2016) Pengembangan Model Blog Pengawas Sekolah sebagai Media Pembinaan Guru SMA di Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel IDARAHMA IBRAHIM.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) model blog pengawas sekolah (model faktual) yang ada saat ini, (b) hasil pengembangan model blog pengawas sekolah (model hipotetik) yang sesuai untuk diterapkan sebagai media pembinaan guru SMA di Kabupaten Pinrang, dan (c) keefektifan, kepraktisan, validitas, dan reliabilitas model blog pengawas sekolah yang telah dikembangkan sebagai media pembinaan guru SMA di Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi langkah-langkah model Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Borg & Gall dengan modifikasi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan utama yaitu: (a) tahap studi pendahuluan, terdiri dari: studi literatur dan studi pengumpulan data lapangan untuk menemukan model faktual; (b) tahap pengembangan model, terdiri dari: membuat desain blog, menyusun buku panduan, validasi desain oleh pakar, revisi desain, ujicoba lapangan skala terbatas, dan revisi desain kedua; dan (c) tahap evaluasi model, terdiri dari ujicoba lapangan utama dan penyempurnaan produk. Data yang diperoleh adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan wawancara serta data kuantitatif yang diperoleh melalui instrumen tes dan kuesioner Hasil penelitian pendahuluan mengungkapkan bahwa model blog pengawas sekolah yang ada saat ini berdasarkan aspek content (isi) bersifat blog pribadi pembuat blog atau blog organisasi pengawas. Hasil pengembangan mengungkapkan bahwa model penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall dengan modifikasi dapat menghasilkan produk model media blog pengawas sekolah yang sesuai untuk diterapkan sebagai media pembinaan guru SMA di Kabupaten Pinrang. Produk ini diberi nama (domain) http://www.pengawaspinrang.wordpress.com. Berdasarkan penilaian pakar terhadap model blog pengawas sekolah yang telah dikembangkan diperoleh nilai rata-rata 3,61 yang termasuk kategori valid. Adapun reliabilitas media berdasarkan koefisien konsistensi internal dari kedua pakar sebesar 100% dengan catatan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Rata-rata hasil tes pemahaman guru terhadap materi pembinaan guru yang telah disampikan melalui blog adalah 16,00 yang termasuk kategori cukup. Hasil observasi terhadap aktivitas pengguna blog menunjukkan bahwa jumlah responden yang mengunjungi blog setiap pekan selama penelitian lebih dari 50%. Hasil kuesioner untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan menunjukkan bahwa lebih dari 50% responden memiliki respon positif terhadap semua aspek yang ditanyakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model blog pengawas sekolah yang telah dikembangkan telah memenuhi kelayakan suatu media yaitu valid, reliabel, efektif, dan praktis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 05:25
Last Modified: 09 Apr 2018 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7139

Actions (login required)

View Item View Item