Penerapan Metode Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 196 Sudirman Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros

MAABUAT, PRESILLIA (2015) Penerapan Metode Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 196 Sudirman Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBE.doc

Download (43kB)

ABSTRAK Rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 196 Sudirman Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Kondisi tersebut diantaranya disebabkan oleh proses belajar mengajar yang kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif berbicara. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara ini, digunakan metode pembelajaran Number Head Together (NHT). Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penerapan metode Number Head Together (NHT) dan peningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 196 Sudirman Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros dengan menggunakan metode Number Head Together (NHT). Metode pembelajaran Number Head Together (NHT) adalah model pembelajaran yang membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil dengan cara setiap siswa dalam setiap kelompok diberi nomor kepala. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 28, 28 dan 30 April 2015 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 15,18 dan 19 Mei 2015 dengan subjek penelitian berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan datanya berupa tes, unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumetasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa secara individu dari skor rata-rata siklus I sebesar 2,67 menjadi 3,81 pada siklus II dengan kategori tinggi. Peningkatan aktivitas belajar siswa secara kelompok dari skor rata-rata siklus I 3,2 menjadi 3,53 pada siklus II dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar kelas dan nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Keaktifan siswa dalam setiap siklus juga mengalami peningkatan, rata-rata pada siklus I yaitu 55,56% meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Kategori pencapaian KKM pada siklus I sebanyak 48% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa, dan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 196 Sudirman Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros dengan diterapkannya metode pembelajaran Number Head Together (NHT). Saran dari peneliti yaitu kepada guru bahasa Indonesia maupun guru bidang studi lain, diharapkan mampu menggunakan atau menerapkan metode Number Head Together (NHT) dalam pembelajaran apapun, guru harus mampu menumbuhkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode, sehingga suasana pembelajaran menjadi tampak hidup, guru maupun siswa saling bekerja sama dalam proses pembelajaran dengan metode pembelajaran khususnya metode Number Head Together (NHT) sehingga proses pembelajaran berjalan lancar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 04:10
Last Modified: 09 Apr 2018 04:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7132

Actions (login required)

View Item View Item