Kajian Buku Teks Seni Rupa Untuk SMP MTs (Studi Terhadap Buku Teks Seni Rupa Terbitan Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010)

FAUZIAH, FAUZIAH (2016) Kajian Buku Teks Seni Rupa Untuk SMP MTs (Studi Terhadap Buku Teks Seni Rupa Terbitan Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010). S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I hasil.docx

Download (21kB)

ABSTRAK Buku teks sebagai sarana kegiatan belajar-mengajar di sekolah memiliki peranan penting sebagai bahan yang dipelajari oleh guru maupun peserta didik. Buku teks adalah buku yang berisi materi pelajaran yang dimiliki oleh peserta didik dan digunakan untuk bahan pembelajaran dan bahan evaluasi. Adapun upaya untuk mendapatkan buku teks yang baik diharapkan. Buku teks pelajaran seni rupa yang ada di lapangan, ditinjau dari jumlah, jenis, maupun kualitasnya sangat bervariasi, banyak penerbit menawarkan buku dan menjelaskan segala fasilitas yang dimiliki oleh buku teks yang ditawarkan. Sementara kelemahan bagi guru karena tidak mampu menilai dan menelaah apakah buku tersebut sesuai dengan standar isi yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk menilai kelayakan isi buku teks seni rupa untuk SMP/MTs Kelas VII, VIII, dan IX yang diterbitkan Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010; (ii) Untuk menilai kelayakan penyajian buku teks seni rupa untuk SMP/MTs Kelas VII, VIII, dan IX yang diterbitkan Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010; (iii) Untuk menilai kelayakan kegrafikaan buku teks seni rupa untuk SMP/MTs Kelas VII, VIII, dan IX yang diterbitkan Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Kandungan isi buku teks Seni Rupa untuk SMP/MTs KelasVII, VIII, dan IX yang diterbitkan pusat perbukuan kementerian nasional tahun 2010 berdasarkan penelitian buku teks dengan menggunakan model instrumen yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagian tidak sesuai standar kelayakan buku teks; (2) Penyajian materi yang disajikan pada setiap pokok bahasan sangat singkat dan ilustrasi yang kurang tepat dan kurang menarik karena gambar ilustrasinya tidak berwarna dan dari aspek kebahasaan masih ada terdapat kekurangan, seperti yang terdapat istilah-istilah yang tidak baku dan tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), dan beberapa istilah yang tidak sesuai dengan perkembangan sosial siswa; (3) Aspek kegrafikaan hampir seluruhnya sesuai komponen penilaian kegrafikaan. Hanya saja terdapak kekurangan pada perwajahannya yaitu pada sampul buku didesain kurang mewakili materi isi buku Usulan kelayakan ditujukan kepada guru, sekolah agar kajian ini dijadikan acuan dan bagi peneliti sebagai bahan pemikiran pengembangan buku pegangan untuk peserta didik. Bagi penerbit, memperoleh masukan dalam rangka penerbitan buku teks pelajaran yang memenuhi standar materi buku teks pelajaran. Bagi Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Program Studi Seni Rupa Universitas Negeri Makassar sebagai bahan referensi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:55
Last Modified: 09 Apr 2018 03:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7126

Actions (login required)

View Item View Item