Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Pao-Pao Kabupaten Gowa.

AWALIAH., NUR (2017) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Pao-Pao Kabupaten Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (948kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini berlandaskan bahwa pembelajaran hendaknya berfokus pada siswa dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran penerapan model discovery learning di kelas V SD Negeri Pao Pao Kabupaten Gowa (2) Untuk mengetahui gambaran minat belajar IPA siswa di kelas V SD Negeri Pao Pao Kabupaten Gowa (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pao Pao Kabupaten Gowa. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian eksperimen menggunakan true eksperimental design dengan desain penelitian yang digunakan adalah The Pretest- Posttest Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu minat belajar dan variabel bebasnya adalah penerapan model discovery learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pao Pao Kabupaten Gowa sebanyak 76 orang terdiri dari dua kelas paralel yaitu kelas VA dan VB yang akan dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Keseluruhan sampel penelitian yaitu sebanyak 38 orang siswa diambil secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan model discovery learning. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua metode statistik yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkah bahwa gambaran pelaksanaan pembelajaran menggunakan model discovery learning, pada pertemuan pertama aspek guru dan siswa masing-masing pada kategori cukup, pertemuan kedua aspek guru dan siswa masing-masing meningkat pada kategori baik, pertemuan ketiga aspek guru dan siswa masing-masing pada kategori baik, dan pada pertemuan keempat aspek guru dan siswa masing-masing meningkat lagi menjadi kategori sangat baik. Tingkat minat belajar IPA siswa pada kelompok eksperimen yang telah diberi perlakuan penerapan model discovery learning sebanyak 4 kali, menunjukkan peningkatan minat belajar IPA siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan yang signifikan dari kategori sedang menjadi sangat tinggi sedangkan pada kelompok kontrol yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran langsung menunjukkan perubahan yang tidak signifikan yakni dari ketegori sedang meningkat ke kategori tinggi Terdapat pengaruh positif penerapan model discovery learning untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pao Pao Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:30
Last Modified: 09 Apr 2018 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7118

Actions (login required)

View Item View Item