Deskripsi Persepsi siswa terhadap mata diklat matematika dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Farmasi Syekh Yusuf Gowa

MUSTIKA, DIAN (2015) Deskripsi Persepsi siswa terhadap mata diklat matematika dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Farmasi Syekh Yusuf Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
DESKRIPSI PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA DIKLAT MATEMATIKA DAN KAITANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK FARMASI SYEKH YUSUF GOWA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah (i) untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap mata diklat matematika; (ii) untuk mengetahui asosiasi antara persepsi siswa terhadap mata diklat matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Farmasi Syekh Yusuf Gowa; (iii) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap mata diklat matematika dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Farmasi Syekh Yusuf Gowa. Penelitian ini adalah penelitian gabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini untuk data kuantitatif terdiri dari 50 orang siswa dan subjek penelitian untuk data kualitatif terdiri dari dua orang siswa SMK Farmasi Syekh Yusuf Gowa. Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap mata diklat matematika dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas x SMK Farmasi Syekh Yusuf Gowa. Pengumpulan dilakukan dengan triangulasi teknik atau metode yang berarti mengumpulkan data dari sumber yang sama dengan menggunakan teknik yang berbeda yaitu tes tertulis berupa angket dan wawancara. Deskripsi persepsi siswa terhadap mata diklat matematika siswa. Subjek dengan skor tinggi dari hasil pengisian angket persepsi terhadap mata diklat matematika memiliki gambaran persepsi sebagai berikut: (1) Menganggap bahwa mata diklat matematika itu menyenangkan karena melatih kemampuan berpikir dan tidak terlalu sulit untuk dipelajari. (2) Sangat penting mempelajari mata diklat matematika karena mempunyai kaitan dengan semua mata diklat yang lain. (3)Mata diklat matematika sangat penting untuk dipelajari karena memiliki banyak manfaat, banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan matematika. Dapat disimpulkan bahwa siswa tersebut menggambarkan persepsi positif terhadap mata diklat matematika. Subjek dengan skor rendah dari hasil pengisian angket persepsi terhadap mata diklat matematika memiliki gambaran persepsi sebagai berikut: (1) Menganggap bahwa mata diklat matematika itu kurang menyenangkan karena setiap jawabannya pasti dan sulit untuk dipelajari. (2) Kurang tertariknya mempelajari mata diklat matematika karena banyaknya rumus dan hafalan dan kurangnya perhatian guru terhadapnya. (3) Tujuan mempelajari Mata diklat matematika hanya agar tidak remedial pada saat ujian. Dapat disimpulakan bahwa siswa tersebut menggambarkan persepsi negatif terhadap mata diklat matematika. Hasil penelitian menunjukkan hasil pengujian Chi-Square tersebut diperoleh 〖χ^2〗_hitung=11.008 dan P_value=0.004, dimana P_value<α=0.05, berarti terdapat hubungan atau asosiasi yang signifikan antara tes hasil belajar siswa dengan persepsi siswa terhadap mata diklat matematika. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap mata diklat matematika dan kaitannya dengan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Syekh Yusuf Al Makassari Gowa adalah ketelitian dan pemahaman, tingkat kesulitan atau struktur cara kerja permasalahan mata diklat matematika, tujuan dalam mempelajari mata diklat matematika, kondisi ruangan kelas belajar, dan cara guru mengajar serta memperlakukan siswa dalam kelas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:19
Last Modified: 09 Apr 2018 03:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7116

Actions (login required)

View Item View Item