Pengembangan Model Latihan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Amalia.

ST. NURLIAH, ST. NURLIAH (2017) Pengembangan Model Latihan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Amalia. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.docx

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian dan pengembangan, yang bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R & D). Adapun prosedur penelitian ini dilakukan dengan metode R & D model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Molenda untuk merancang sebuah sistem pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, untuk meningkatkan kemandirian anak dengan 5 tahapan pengembangan yaitu: a) Analisis (Analysis), b) Desain (Design), c) Pengembangan (Development), d) Penerapan (Implementation), e) Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian adalah 12 anak didik yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan instrument penilaian yang terdiri dari lembar pengamatan keterlaksanaan model, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan anak, dan angket respon guru. Kemudian data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh tiga para ahli/pakar dan direvisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk dilakukan uji coba. Berdasarkan penelitian pengembangan yang telah dilakukan, maka diperoleh buku pedoman model latihan kemandirian anak TK kelompok A TK Amalia. Dari hasil penelitian dengan menggunakan pengembangan model latihan untuk melatih kemandirian anak terjadi peningkatan menunjukkan bahwa dari 12 peserta didik terdapat 8 peserta didik atau 66% berada pada kategori sangat tinggi, 4 peserta didik atau 33% berada pada kategori tinggi, dan tidak ada peserta didik atau 0% berada pada kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemandirian anak adalah “BSB (berkembang sangat baik)” dan berada dalam kategori “Sangat Tinggi”. Respon guru terhadap perangkat pembelajaran dengan model latihan kemandirian adalah setuju. Simpulan dari penelitian ini bahwa perangkat pembelajaran dengan model latihan untuk melatih kemandirian anak di TK Amalia yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:14
Last Modified: 09 Apr 2018 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7114

Actions (login required)

View Item View Item