Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle-6E dengan Pendekatan Problem Solving pada Siswa Kelas XI Program IPS 1 SMA Negeri 8 Mandai Maros

YA’QUB, MASRURA (2015) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle-6E dengan Pendekatan Problem Solving pada Siswa Kelas XI Program IPS 1 SMA Negeri 8 Mandai Maros. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan sarana satu-satunya dalam menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan daya saing yang tinggi, untuk itu komponen yang terlibat harus mendapat perhatian serius. Tanggung jawab bersama antara pemerintah, orang tua dan masyarakat akan menghasilkan kekuatan besar suksesnya pendidikan disuatu Negara, Kualitas pembelajaran yang rendah dapat dilihat dari para siswa yang hampir tidak menguasai materi pelajaran matematika. Hal ini disebabkan di dalam matematika terdapat konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang saling terkait antara satu dan yang lainnya, yang sukar dipelajari siswa. Selain itu kurangnya kesadaran siswa bahwa aturan-aturan yang ada pada matematika mengajarkan untuk berpikir logis, rasional, kritis, dan kreatif yang sangat dibutuhkan siswa sebagai bekal dalam menjalani kehidupannya. Permasalahan metode dalam Sistem Pendidikan Nasional. Metode “Spoon Feeding” yang diterapkan mulai dari TK hingga SMA atau bahkan perguruan tinggi masih menjadi andalan di Indonesia, dimana guru yang bertindak aktif menyuapi ilmu kepada siswa yang hanya bertindak pasif. Salah satu model pembelajaran yang menekankan pada peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle-6E dengan Pendekatan Problem Solving siswa kelas XI program IPS 1 di SMA Negeri 8 Mandai Maros; (2) Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle-6E dengan pendekatan Problem Solving pada siswa kelas XI program IPS 1 SMA Negeri 8 Mandai Maros. Teknik pengumpulan data diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif, (1) Hasil belajar sebagai data kuantitatif; (2) Hasil observasi sebagai data kualitatif; (3) Hasil angket sebagai data kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa setelah Pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle-6E dengan pendekatan problem solving mengalami peningkatan, mencapai 86,06 dengan standar deviasi 6,75, siswa aktif mengikuti pelajaran, siswa merespons positif terhadap pembelajaran (2) Rata-rata selisih (delta) hasil belajar siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah semakin berkurang, dari 13,00 sebelum PTK, menjadi 7,79 setelah pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle-6E dengan Pendekatan pendekatan problem solving, dan secara sosial dapat memperkecil jarak (gap) antara siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:25
Last Modified: 09 Apr 2018 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item View Item