Pengembengan Model Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Relasi Personal Anak Usia Dini Di Kabupaten Bulukumba.

RESTUTI M,, A.NIDHA EKA (2018) Pengembengan Model Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Relasi Personal Anak Usia Dini Di Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahi gambaran kebutuhan model permainan tradisional pada anak usia dini, 2) untuk mengetahui gambaran desain permainan tradisional pada anak usia dini, 3) untuk mengetahui gambaran pengembangan model permainan tradisional pada anak usia dini, 4) untuk mengetahuai gambaran efektifitas implementasi model permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan relasi personal pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku panduan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan relasi personal anak usia dini dengan tiga permainan tradisional yaitu Akbombo-bombo, Ma’benteng dan Gallak-gallak. Hasil penelitian ini yaitu; (1) Pengembangan kemampuan relasi personal di TK belum maksimal dilakukan, hal ini terjadi karena guru belum mengenal kemampuan relasi personal, namun guru mengetahui sub dimensi dari kemampuan , namun meskipun begitu belum ada strategi-strategi ataupun metode khusus yang diterapkan untuk mengembangkan kemampuan ini, hal ini menjadi gambaran kebutuhan dalam mengembangkan model permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan relasi personal anak didik. (2) Desain dari model permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan relasi personal anak usia dini menghasilkan sebuah produk yaitu buku panduan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan relasi personal anak usia dini. (3) Model permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan relasi personal anak usia dini dinyatakan valid oleh pada ahli dan memiliki kepraktisan, (4) Implementasi model Permainan Tradisional untuk meningkatkan kemampuan relasi personal anak usia dini dinyatakan efektif bagi guru dengan hasil uji wilcoxon sign rank test 0,0043, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan relasi personal anak usia dini dengan hasil uji wilcoxon pada permainan akbombo-bombo 0,001, ma’benteng 0,001, dan gallak-gallak 0,001.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 01:44
Last Modified: 09 Apr 2018 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item