Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Siswa Kelas V SDN No. 124 Inpres Moncongkomba Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar

SALMIATI, SALMIATI (2016) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Siswa Kelas V SDN No. 124 Inpres Moncongkomba Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.docx

Download (68kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SDN No. 124 Inpres Moncongkomba Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Multimedia pembelajaran ini telah diuji coba satu-satu sebanyak 5 orang siswa, uji coba kelompok kecil 10 orang siswa dan uji coba kelompok kelas sebanyak 15 orang siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap implementation, (5) evaluation. Pada prosedur pengembangan ini, peneliti hanya sampai pada tahap development yaitu proses produksi, validasi, dan uji coba. Multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode deskriptif menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran bersifat valid, praktis dan efektif. Uji coba dilaksanakan di SDN No. 124 Inpres Moncongkomba Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar untuk melihat kepraktisan dan keefektifan multimedia pembelajaran, dikatakan praktis karena telah memenuhi kriteria kepraktisan, dengan hasil pada umumnya respon guru dan siswa baik terhadap media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Dikatakan efektif karena pada penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan dengan menggunakan pre-post test menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPA mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu mencapai nilai sangat tinggi setelah belajar dengan menggunakan multimedia pembelajaran. Dengan demikian maka hasil penelitian ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran khususnya pada siswa SDN No. 124 Inpres Moncongkomba Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Sebagai implikasi yang diperoleh dari penelitian ini, disarankan bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini diharapkan mencermati keterbatasan penelitian ini

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 00:44
Last Modified: 09 Apr 2018 00:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7080

Actions (login required)

View Item View Item