MIGNIA., MIGNIA. (2017) Pengembangan E-Magazine Biologi sebagai Sumber Belajar Siswa SMA/MA pada Materi Sistem Regulasi Manusia. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
ARTIKEL.docx Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-magazine biologi sebagai sumber belajar yang valid, praktis dan efektif untuk siswa SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D), yang mengadaptasi model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk melihat kevalidan e-magazine biologi, angket respon guru dan respon siswa untuk melihat kepraktisan e-magazine biologi, serta tes hasil belajar untuk melihat keefektifan e-magazine biologi. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata kevalidan e-magazine biologi oleh dua validator yaitu 3,45 (valid). Kepraktisan e-magazine biologi diperoleh persentase rata-rata nilai respon guru sebesar 91% (sangat kuat) dan respon siswa sebesar 85% (sangat kuat). E-magazine biologi telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu 100% siswa mencapai nilai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-magazine biologi sebagai sumber belajar siswa SMA/MA pada materi Sistem Regulasi Manusia bersifat valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Biologi PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 00:40 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 00:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7079 |
Actions (login required)
View Item |