Kajian Semiotika: Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rindu Karya Tere Liye dan Kontribusinya terhadap Pengajaran Bahasa Indonesia.

FITRIANI, FITRIANI (2016) Kajian Semiotika: Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rindu Karya Tere Liye dan Kontribusinya terhadap Pengajaran Bahasa Indonesia. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (33kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud ikon, indeks, dan simbol penanda nilai pendidikan karakter serta mendeskripsikan kontribusi nilai pendidikan karakter dalam novel Rindu karya Tere Liye terhadap pengajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Novel Rindu sebagai sumber data penelitian dan kutipan teks berbentuk narasi, dialog, dan monolog yang mengandung nilai pendidikan karakter dengan penanda ikon, indeks, dan simbol sebagai data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik inventarisasi. Tahapan teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penjelasan kontribusi hasil penelitian dalam pengajaran bahasa Indonesia, serta penyimpulan dan verifikasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanda nilai pendidikan karakter dalam novel Rindu karya Tere Liye: (1) ikon yang terdiri atas tiga jenis, yaitu (a) ikon topologis berwujud penanda verbal cakapan tokoh dengan tokoh lain dan penanda nonverbal judul novel dan latar tempat; (b) ikon diagramatik berwujud penanda verbal cakapan tokoh dengan diri sendiri dan cakapan tokoh dengan tokoh lain serta penanda nonverbal gerakan tubuh/ ekspresi, aktivitas/ kegiatan tokoh, latar keadaan, dan reaksi tokoh; dan (c) ikon metafora berwujud penanda verbal berupa cakapan tokoh tentang tokoh lain dan penanda nonverbal berupa aktivitas atau kegiatan tokoh, latar waktu, dan reaksi tokoh. (2) Indeks berwujud penanda verbal cakapan tokoh dengan tokoh lain dan cakapan tentang tokoh lain serta penanda nonverbal berwujud gerakan tubuh/ ekspresi, aktivitas atau kegiatan tokoh, ciri fisik tokoh, latar, pikiran atau perasaan tokoh, dan reaksi tokoh. (3) Simbol yang terdiri atas tiga jenis, yaitu: (a) simbol konvensional berwujud penanda nonverbal aktivitas/ kegiatan tokoh, atribut yang dikenakan tokoh, nama atau sapaan tokoh, latar, dan suara/ bunyi; (b) simbol aksidental berwujud penanda nonverbal berupa gerakan tubuh/ ekspresi, nama atau sapaan tokoh, dan latar tempat; dan (c) simbol universal berwujud penanda verbal berupa cakapan tokoh dengan tokoh lain dan cakapan tentang tokoh lain serta penanda nonverbal berupa gerakan tubuh/ ekspresi tokoh dan atribut yang dikenakan tokoh. (4) Kontribusi novel Rindu karya Tere Liye pada pengajaran bahasa Indonesia adalah pemanfaatan novel sebagai media untuk mengembangkan nilai karakter budaya bangsa di sekolah terutama pada pembelajaran teks novel di kelas XII.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 00:29
Last Modified: 09 Apr 2018 00:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7077

Actions (login required)

View Item View Item