Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Kombinasi Pendekatan Problem Posing Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII5 SMP Negeri 2 Pinrang

. Makmur, Fitriani A (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Kombinasi Pendekatan Problem Posing Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII5 SMP Negeri 2 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (82kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pendekatan Problem Posing dan Problem Solving dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII5 SMP Negeri 2 Pinrang ditinjau dari: (1) Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kombinasi pendekatan Problem Posing dan Problem Solving (2) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kombinasi Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving (3) Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kombinasi pendekatan Problem Posing dan Problem Solving. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu tanpa kelas kontrol dengan desain one grup pretest and posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII5 SMP Negeri 2 Pinrang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 13 kelas parallel. Sampel penelitian ini semua siswa kelas VIII5 SMP Negeri 2 Pinrang yang berjumlah rata-rata 35 orang di setiap kelas, yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data peneltian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa (posttest) (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Jika ketiga indikator menunjukkan hasil yang terpenuhi dan signifikan, maka pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kombinasi pendekatan Problem Posing dan Problem Solving dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII5 SMP Negeri 2 Pinrang terhadap hasil belajar matematika efektif. Hasil analisis statistika deskriptif rata-rata hasil belajar siswa (posttest) diperoleh 85,26 dengan ketuntasan klasikal 100% dan rata-rata nilai gain diperoleh 0,69 yang berada pada kategori sedang. Sedangkan rata-rata aspek keseluruhan aktivitas siswa diperoleh 3,0 yang berada pada kategori aktif dan rata-rata respons siswa diperoleh 3,4 yang berada pada kategori positif. Hasil analisis statistika inferensial menggunakan uji-t data tunggal (one sample t-test) pada hasil belajar siswa (posstest), nilai gain, ketuntasan klasikal, dan respons siswa diperoleh nilai signifikan dalam hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga analisis statistika inferensial terhadap hasil belajar siswa (posstest), nilai gain, ketuntasan klasikal, dan respons siswa signifikan. Berdasarkan hasil analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial yang terpenuhi maka pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kombinasi pendekatan Problem Posing dan Problem Solving terhadap hasil belajar matematika efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:52
Last Modified: 06 Apr 2018 08:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7067

Actions (login required)

View Item View Item