Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMPN 6 Moncongloe Kabupaten Maros

ISMAIL,, ISMAIL, (2017) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMPN 6 Moncongloe Kabupaten Maros. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL ISMAIL.docx

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving, kemampuan awal, kepercayaan diri siswa, dan interaksinya terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Moncongloe tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 175 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik cluster random sampling terdiri dari 4 kelas, 2 kelas untuk pendekatan Problem Posing dengan jumlah siswa 116 orang dan 2 kelas untuk pendekatan Problem Solving dengan jumlah siswa 116 orang. Kelas eksperimen pertama yakni kelas VIII 2 dan VIII 5 diberi perlakuan dengan menerapkan pendekatan Problem Posing dan eksperimen kedua yakni kelas VIII 3 dan VIII 4 diberi perlakuan dengan menerapkan pendekatan Problem Solving. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, angket kepercayaan diri, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar aktivitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis ANOVA dua jalan dengan SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (2) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kepercayaan diri siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (3) interaksi antara kemampuan awal siswa dengan kepercayaan diri siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran, kemampuan awal siswa, dan kepercayaan diri siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (5) tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif dengan pendekatan Problem Posing dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif dengan pendekatan Problem Solving, (6) hasil belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan kemampuan awal rendah, dan (7) hasil belajar siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:44
Last Modified: 06 Apr 2018 08:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7065

Actions (login required)

View Item View Item