Efektivitas Penanaman Sikap Religius Terhadap Pengetahuan Matematika Siswa dan Keterlibatan Siswa Pada Pembelajaran Matematika

Liliweri, Indah Suci Hariati (2017) Efektivitas Penanaman Sikap Religius Terhadap Pengetahuan Matematika Siswa dan Keterlibatan Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian mix methods, penelitian gabungan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif yang digabungkan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan matematika siswa selama implementasi penanaman sikap religius pada proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengetahui keterlibatan siswa dalam belajar selama implementasi penanaman sikap religius pada proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Makassar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IA IPA 7 dan dipilih berdasarkan kemampuan matematika siswa sebanyak 5 orang subjek dari kelas IA IPA 7 pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mengalisis data berdasarkan kualitatif dan kuntitatif karena penelitian ini merupakan penelitian mix method. Teknik analisis data kualitatif yaitu (1) reduksi data, peneliti mencatat hasil wawancara, observasi serta mengumpulkan data angket dan dokumentasi yang berhubungan degan efektivitas penanaman sikap religius terhadap pengetahuan matematika siswa dan keterlibatan siswa pada proses pembelajaran matematika, (2) sajian data, peneliti menyusun data yang telah dikumpulkan sehingga informasi yang dapat disimpulkan dan memiliki makna tertentu yang termasuk adalah lembar kerja peserta didik, (3) verifikasi data, Peneliti menyimpulkan dan menghubungkan semua data yang telah disusun dari hasil penelitian yang membentuk suatu kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini, data kuantitatif diperoleh dari kuesioner Students’ Engagement in Mathematics Classroom (SEMC). Kuesioner ini diberikan kepada partisipan pada dua kesempatan, sebelum (sebagai pre-test) dan setelah (sebagai post-test) pelaksanaan dari pembelajaran. Hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif mengalami peningkatan dari awalnya pembelajaran hingga akhir pembelajaran. Hasil kuesioner menyebutkan bahwa keterlibatan siswa pada pembelajaran matematika awal siswa terhadap materi pembelajaran dengan penerapan penanaman sikap religius tergolong dalam kategori efektif dan kurang efektif dimana kurang lebih 33% siswa memperoleh skor pada interval 61-80 dan 29% siswa memperoleh skor pada interval 41-60. Ini berarti bahwa sebelum diajarkan pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers pada siswa kelas XI IA 7 SMA Negeri 2 Makassar, mereka memiliki keterlibatan pada pembelajaran matematika sudah cukup tinggi ini menunjukkan keterlibatan pada pembelajaran matematika sudah cukup efektif. Sedangkan skor rata-rata keterlibatan siswa pada pembelajaran matematika berada pada 35% berada pada kategori tinggi yaitu efektif dan 31% berada pada kategori sangat tinggi yaitu sangat efektif. Ini berarti bahwa siswa memperoleh pengetahuan yang baik pada pokok bahasan fungsi komposisi dan invers setelah pembelajaran menggunakan penerapan penanaman sikap religius. Kata Kunci : Penanaman Sikap Religius, Pengetahuan Matematika, Keterlibatan Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:35
Last Modified: 06 Apr 2018 08:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7062

Actions (login required)

View Item View Item