Pengembangan Model Blended LearningPaket Keahlian Audio- Video Pada Program Studi Teknik Elektronika Sekolah Menengah Kejuruan

SUPRIADI, SUPRIADI (2017) Pengembangan Model Blended LearningPaket Keahlian Audio- Video Pada Program Studi Teknik Elektronika Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Disertasi Lengkap Supriadi.docx

Download (836kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Menemukan pengelolaan pembelajaran Paket Keahlian audio video di Sekolah Menengah Kejuruan, (2) Menghasilkan Model Blended Learning Audio Video (BLAVO) yang memenuhi kriteria valid di Sekolah Menengah Kejuruan. (3) Menghasilkan Model Blended Learning Audio Video (BLAVO) yang memenuhi kriteria Praktis di Sekolah Menengah Kejuruan, (4) Menghasilkan Model Blended Learning Audio Video (BLAVO) yang memenuhi kriteria efektif di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan pendidikan (educational research & development). Prosedur pengembangan Model BLAVO terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu; tahap pra-pengembangan (research) dan tahap pengembangan (development). Tahap pra-pengembangan meliputi; investigasi awal, desain dan realisasi, sedang tahap pengembangan meliputi; tes, evaluasi dan revisi, dimana tahap ini difokuskan pada ujicoba yang terdiri dari ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba diperluas. Subyek coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI paket keahlian audio video Sekolah menengah Kejuruan di Kota Makassar. Produk yang dihasilkan melalui tahap pengembangan dilakukan melalui validasi ahli dan praktisi. Tahap ujicoba perorangan 6 peserta didik, ujicoba kelompok kecil 16 peserta didik dan ujicoba diperluas (ujicoba lapangan) 32 peserta didik. Semua ujicoba dilakukan pada peserta didik SMKN 2 Makassar. Hasil penelitian dan pengembangan sebagai berikut: (1) Pengelolaan pembelajaran paket keahlian audio video di Sekolah Menengah Kejuaran, dilakukan secara konvensional yaitu pembelajaran hanya dilakukan dengan cara tatap muka di kelas atau di laboratorium. Guru telah melakukan perencanaan yang ditandai dengan adanya perangkat pembelajaran, dan telah melakukan evaluasi pembelajaran namun masih minim dalam hal strategi/metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran dan pengelolaan sumber belajar.(2) Model Blended LearningAudio Video (BLAVO) dan perangkat pembelajarannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh penilaian ahli dan praktisi. (3) Model Blended LearningAudio Video (BLAVO) dan perangkat pembelajarannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memenuhi kriteria praktis yang ditunjukkan oleh keterlaksanaan BLAVO dan kemampuan guru mengelola pembelajaran. (4) Model Blended LearningAudio Video (BLAVO) dan perangkat pembelajarannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memenuhi kriteria efektif yang ditunjukkan oleh aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran, serta pencapaian kompetensi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:33
Last Modified: 06 Apr 2018 08:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7061

Actions (login required)

View Item View Item