Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Negeri 3 Takalar.

PATRIANINGSIH., ENDANG AYU (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Negeri 3 Takalar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
04 Daftar isi.docx

Download (213kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep Biologi peserta didik, mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap sikap ilmiah peserta didik, mendeskripsikan penerapan model pembelajaran direct instruction terhadap pemahaman konsep Biologi peserta didik, mendeskripsikan penerapan model pembelajaran direct instrution terhadap sikap ilmiah peserta didik, mengetahui perbedaan pemahaman konsep Biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan direct instruction, mengetahui perbedaan sikap ilmiah peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan direct instruction dan mengetahui perbedaan pemahaman konsep Biologi dan sikap ilmiah antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan direct instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen non-eqivalen pretes posttes control group design. Populasi penelitian ini adalah semua rombongan belajar XI MIA SMA Negeri 3 Takalar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas 5 rombongan belajar. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda beralasan dan angket sikap ilmiah. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pemahaman konsep Biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning berada pada kategori rendah. (2) Sikap ilmiah peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning berada pada kategori sangat baik. (3) Pemahaman konsep Biologi peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction berada pada kategori sangat rendah.(4) Sikap ilmiah peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction berada pada kategori baik. (5) Ada perbedaan pemahaman konsep Biologi secara signifikan antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan direct instruction (F=19.669; sig (0,000) < α). (6) Ada perbedaan sikap ilmiah secara signifikan antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan direct instruction (F=6.782; Sig (0.011) < α). dan (7) Ada perbedaan pemahaman konsep Biologi dan sikap ilmiah antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan direct instruction (F=10.450; Sig (0.000) < α).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:33
Last Modified: 06 Apr 2018 08:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item