Efektivitas Pembelajaran Operasi Aljabar Berbantuan Blok Aljabar Melalui Model Course Review Horay Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Makassar

Astari, Sri Wahyuni (2018) Efektivitas Pembelajaran Operasi Aljabar Berbantuan Blok Aljabar Melalui Model Course Review Horay Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre experiment yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran operasi aljabar berbantuan blok aljabar melalui model Course Review Horay siswa kelas VII SMP Negeri 2 Makassar. Efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini diukur berdasarkan capaian hasil belajar, aktivitas siswa selama pembelajaran, dan respons siswa terhadap pembelajaran.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Makassar dengan unit eksperimen yang dipilih adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 2 Makassar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttestdesign. Pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran dilakukan dengan menggunakan lembar observasi.Hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan skor posttest siswa. Adapun data respons siswa diberikan dengan menggunakan angket respons siswa yang diberikan pada akhir kegiatan pelaksanaan pembelajaran.Data-datayang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata skor hasil belajar setelah pelaksanaan pembelajaran operasi aljabar berbantuan blok aljabar melalui model Course Review Horaymencapai 83,28 dengan standar deviasi 12,91, (2) Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran operasi aljabar berbantuan blok aljabar melalui model Course Review Horaymencapai 0,83 dengan standar deviasi 0,13, (3) 96% siswa mengalami aktivitas yang baik selama proses pembelajaran dengan rata-rata skor 3,85 dan (4) 99% siswa memberi respons cenderung positif/positif terhadap pembelajaran. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar setelah pembelajaran operasi aljabar berbantuan blok aljabar melalui model Course Review Horaysiswa kelas VII SMP Negeri 2 Makassar secara individu mencapai KKM sebesar 72, (2) Peningkatan hasil belajar setelah penerapan pembelajaran operasi aljabar berbantuan blok aljabar melalui model Course Review Horaysiswa kelas VII SMP Negeri 2 Makassar berada pada kategori tinggi, dan (3) Proporsi Ketuntasan klasikal hasil belajar setelah penerapan pembelajaran operasi aljabar berbantuan blok aljabar melalui model Course Review Horaysiswa kelas VII SMP Negeri 2 Makassar tidak mencapai 85%. Jadi pembelajaran operasi aljabar berbantuan blok aljabar melalui model Course Review Horay siswa kelas VII SMP Negeri 2 Makassarefektif pada aspek pencapaian KKM secara individu, peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa, dan respons siswa. Namun tidak efektif pada aspek pencapaian ketuntasan secara klasikal pada hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Makassar. Kata kunci: Efektivitas, Blok Aljabar, dan Course Review Horay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:30
Last Modified: 06 Apr 2018 08:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7059

Actions (login required)

View Item View Item