. Peranan Guru Pendidikan IPS Dalam Meningkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Siswa Di SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. Skripsi ini dibimbing oleh. Dr. Ibrahim, S. Ag, M. Pd dan Muhammad Zulfadli,SH, M.Hum. Fakultas Ilmu Sosial Program Studi Pendidikan IPS Universitas Negeri Makassar.

Rosdiana., Rosdiana. (2014) . Peranan Guru Pendidikan IPS Dalam Meningkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Siswa Di SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. Skripsi ini dibimbing oleh. Dr. Ibrahim, S. Ag, M. Pd dan Muhammad Zulfadli,SH, M.Hum. Fakultas Ilmu Sosial Program Studi Pendidikan IPS Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Rosdiana. 2014.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Rosdiana. 2014. Peranan Guru Pendidikan IPS Dalam Meningkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Siswa Di SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. Skripsi ini dibimbing oleh. Dr. Ibrahim, S. Ag, M. Pd dan Muhammad Zulfadli,SH, M.Hum. Fakultas Ilmu Sosial Program Studi Pendidikan IPS Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peranan guru dalam meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo (2) kesadaran berbangsa dan bernegara siswa melalui mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. Untuk mengetahui tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui bagaimanakah peranan guru IPS dalam meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara siswa di SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. dan Bagaimanakah kesadaran berbangsa dan bernegara siswa melalui mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa (1) peranan guru dalam meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara siswa di SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo meliputi; (a) peranan guru sebagai komunikator; (b) peranan guru sebagai motivar; (c) peranan guru sebagai fasilitator; (d) peranan guru sebagai mediator; (e) peranan guru sebagai evaluator. (2) kesadaran berbangsa dan bernegara siswa di SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo adalah; (a) Cinta Tanah Air; (b) Memahami nilai-nilai Pancasila ; (c) Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara; (d) Memiliki Kemampuan Bela Negara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:45
Last Modified: 29 Apr 2016 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item