Analisis Kemampuan Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bersertifikasi Bidang Studi Fisika Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sinjai

HAERUL M, HAERUL M (2016) Analisis Kemampuan Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bersertifikasi Bidang Studi Fisika Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sinjai. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Haerul M.docx

Download (49kB)

Peningkatan kinerja guru pasca sertifikasi sangat diharapkan demi menjaga kualitas guru. Namun demikian, kinerja guru fisika di Kabupaten Sinjai belum dilakukan pengamatan dan evaluasi pasca lulus sertifikasi guru. Evaluasi yang dimaksud disini meliputi keikutsertaan guru dalam seminar atau pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensi serta kegiatan pelatihan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk:(1)mendeskripsikan kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bidang studi Fisika Sekolah Menengah Atas yang tersertifikasi di Kabupaten Sinjai; (2)mendeskripsikan kesesuaian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan implementasinya dalam pembelajaran bagi guru bidang studi fisika yang tersertifikasi di Kabupaten Sinjai; (3)mendeskripsikan kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan infrastruktur pendukung sekolah yang disusun guru bidang studi fisika yang tersertifikasi di Kabupaten Sinjai.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Fisika Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sinjai yang sudah tersertifikasi dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2014 sejumlah 20 orang guru. Objek penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat guru. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi langsung, dan wawancara. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan di interpretasikan secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)semua guru fisika SMA yang telah lulus sertifikasi di Kabupaten Sinjai telah melaksanakan penyusunan RPP di setiap awal semester. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun telah mengikuti format standar penyusunan RPP sesuai dengan kurikulum yang berlaku; (2)kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)guru bersertifikasi bidang studi fisika Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sinjai sudah sangat sesuai atau dengan persentase 86,75%; (3)kesesuaian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan implementasinya di kelas dengan persentase 85,33% pada kategori sangat sesuai. Pada hasil observasi ini terlihat pula bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan RPP yang dibuat oleh guru yang baru lulus sertifikasi masih sesuai dibandingkan dengan guru yang telah lama menyandang guru bersertifikasi pendidik; dan (4) Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)yang disusun guru dengan infrastuktur pendukung sekolah sudah sesuai. Hanya belum dimanfaatkan dengan baik oleh guru di sekolah masing-masing. viii

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 07:30
Last Modified: 06 Apr 2018 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item View Item