Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMAN 5 Makassar.

HAYADI., WA ODE MUHSINA (2017) Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMAN 5 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL MUHSINA.docx

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah, pengalaman mengajar, dan kompetensi pedagogik guru di SMAN 5 Makassar, serta untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru di SMAN 5 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dalam pelaksanaannya dilakukan dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMAN 5 Makassar yang berjumlah 70 orang dengan menggunakan rumus solvin maka diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Prosedur pengumpulan data menggunakan kuisioner dan angket. Secara deskriptif penelitian ini menyajikan gambaran tentang pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah, pengalaman mengajar, serta kompetensi pedagogik guru di SMAN 5 Makassar dan secara inferensi dengan menggunakan regresi korelasional untuk melihat pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru di SMAN 5 Makassar. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah pada SMAN 5 Makassar sudah baik, kompetensi pedagogik guru SMAN 5 Makassar dalam kategori tinggi, dan pengalaman mengajar guru pada SMAN 5 Makassar juga baik atau dapat dikatakan bahwa rata-rata guru pada SMAN 5 Makassar telah berpengalaman dalam mengajar. Ada pengaruh positif pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru pada SMAN 5 Makassar, ada pengaruh positif pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru di SMAN 5 Makassar, serta ada pengaruh positif secara simultan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru di SMAN 5 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 07:16
Last Modified: 06 Apr 2018 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7027

Actions (login required)

View Item View Item