Pengembangan Model Pembelajaran Elektronika Digital Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar

MUSTAFA, MAHMUD (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Elektronika Digital Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel disertasi Mahmud Mustafa.docx

Download (267kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kondisi pembelajaran Elektronika Digital di Jurusan PendidikanTeknik Elektronika Universitas Negeri Makassar, (2) mengembangkan model pembelajaran Elektronika Digital berbasis multimedia yang memenuhi syarat validitas, kepraktisan dan kemenarikan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika (3) menguji efektivitas model pembelajaran Elektronika Digital berbasis multimedia di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan pendidikan (Eductional Reseach & Development). Penelitian ini dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. Teknik Pengumpulan data pada tahap ini menggunakan kuesioner, studi dokumentasi dan tes hasil belajar Elektronika Digital. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini antara lain: (1) buku model pembelajaran mata kuliah Elektronika Digital, (2) silabus dan RPP pada mata kuliah Elektronika Digital, (3) CD pembelajaran interaktif yang memuat: (a) virtual lab digital cirduit simulator, (b) video tutorial simulasi praktikum digital circuit simulator, (c) joobsheet praktikum elektronika digital (d) games education elektronika digital dan (e) testing berupa quiz creator elektronika digital. Produk yang dihasilkan selanjutnya divalidasi kepada ahli materi,desain dan media. Evaluasi dilakukan dengan uji coba perseorangan hingga ujicoba lapangan. Selanjutnya untuk menguji efektifitas dari model yang dikembangkan maka dilakukan analisis dengan membandingkan pretest dan post test terhadap kelompok uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembagan, (1) Untuk kondisi pembelajaran Elektronika digital: (a) Kondisi pembelajaran mata kuliah Elektronika Digital di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika belum maksimal, dikarenakan terbatasnya trainer elektronika digital seh ingga mahasiswa harus antri dan bergiliran dalam penggunaannya. Demikian juga dengan job sheet yang digunakan sepenuhnya masih berbahasa asing. Sementara hanya sekitar 5 % diantara mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini yang mampu menerjemahkan kedalam bahasa Indonesia sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menyelesaikan sebuah materi. (b) materi disusun belum melibatkan pihak mahasiswa sebagai individu yang membutuhkan materi tersebut, serta pihak industri/ dunia kerja dan sekolah SMK sebagai pengguna alumni, (c) terdapat upaya untuk melakukan pembaharuan materi mengikuti tren pembelajaran di Universitas lain namun belum disusun sesuai desain sistem pembelajaran, (d) pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Elektronika Digital dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM, (2) Pengembangan produk dapat dilakukan dengan mengikuti langkah pengembangan media yaitu : (a) analisis kurikulum, (b) membuat flow chart, (c) membuat storyborad, (d) mengumpulkan bahan, (e) finishing, pemrograman (produksi), (3) efektifitas penggunaan media pembelajaran mata kuliah Elektronika Digital, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dengan membandingkan nilai pre tes dan post tes pada kelompok uji lapangan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 07:15
Last Modified: 06 Apr 2018 07:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item View Item