Evaluasi Program Pembelajaran Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Kota Bima

ILYAS, ILYAS (2017) Evaluasi Program Pembelajaran Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Kota Bima. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.doc

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian tujuan pembelajaran dengan kriteria penyusunan tujuan pembelajaran, perencanaan pembelajaran dan kesesuaiannya dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran dan kesesuaiannya dengan standar proses, hasil pembelajaran dari segi pencapaian KKM. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kota Bima dengan menggunakan metode analisis secara kualitatif. Data yang dikaji dalam penelitian ini bersumber dari guru yang mengajar produktif TKJ, data dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah urusan kurikulum, serta data dari siswa mengenai tanggapanya terhadap kondisi pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara induktif, yaitu data yang diperoleh secara langsung dipelajari, dianalisis, kemudian membuat penafsiran dan menarik kesimpulan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perumusan tujuan pembelajaran kompetensi keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Kota Bima telah dilakukan sesuai dengan kriteria penyusunan tujuan pembelajaran dengan rata-rata 100%, (2) perencanaan pembelajaran kompetensi keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Kota Bima telah dilakukan dengan sangat baik dengan rata-rata 95% dan sesuai dengan standar proses, (3) pelaksanaan pembelajaran kompetensi keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Kota Bima telah dilaksanakan dengan sangat baik dengan rata-rata 91,10% dan sesuai dengan standar proses, (4) hasil pembelajaran kompetensi keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Kota Bima telah mencapai KKM yang telah ditentukan. Disarankan kepada penentu kebijakan agar dapat mengimplementasikan penjabaran kriteria atau standar proses secara keseluruhan terhadap guru kompetensi TKJ di SMK Negeri 2 Kota Bima sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 07:04
Last Modified: 06 Apr 2018 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7022

Actions (login required)

View Item View Item