Pembelajaran Pendidikan Demokrasi Melalui Mata Pelajaran PPKn dalam Mengembangkan Kompetensi Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Makassar.

ABDULLAH., ABDULLAH. (2017) Pembelajaran Pendidikan Demokrasi Melalui Mata Pelajaran PPKn dalam Mengembangkan Kompetensi Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (50kB)

ABSTRAK Demokrasi ialah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu Negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat. Di Indonesia demokrasi dijiwai dan diintegrasikan dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI 1945. Maka nilai-nilai demokrasi perlu ditanamkan pada generasi muda agar terbentuk generasi yang demokratis. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana bentuk pembelajaran pendidikan demokrasi melalui mata pelajaran PPKn dalam mengembangkan kompetensi kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Makassar? (ii) Bagaimana kompetensi civic knowledge, civic skill, civic disposition peserta didik dalam pembelajaran pendidikan demokrasi di SMA Negeri 2 Makassar? (iii) Apa Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran pendidikan demokrasi melalui mata pelajaran PPKn dalam mengembangkan kompetensi kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran demokrasi melalui PPKn dalam mengembangkan kompetensi kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Makassar. (ii) Untuk mendeskripsikan kompetensi civic knowledge, civic skill, civic disposition peserta didik dalam pembelajaran demokrasi di SMA Negeri 2 Makassar. (iii) Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran demokrasi melalui mata pelajaran PPKn dalam mengembangkan kompetensi kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Terdapat beberapa bentuk pembelajaran pendidikan demokrasi melalui mata pelajaran PPKn dalam mengembangkan kompetensi kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Makassar terdiri dari materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Bentuk pembelajaran ini, membentuk kesadaran peserta didik sebagai warga Negara dalam konteks cita-cita demokrasi konstitusional sesuai Pancasila dan UUD NRI 1945. (ii) Kompetensi kewarganegaraan yaitu civic knowledge, civic skill, civic disposition peserta didik dalam pembelajaran pendidikan demokrasi di SMA Negeri 2 Makassar pada umumnya tergolong sangat baik. (iii) Ada beberapa hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran demokrasi yakni keterbatasan waktu guru dalam menyampaikan materi ajar, kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan materi pembelajaran tidak sesuai dengan fakta yang terjadi dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Hukum dan Kewarganegaraan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:44
Last Modified: 06 Apr 2018 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7014

Actions (login required)

View Item View Item