Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pengelasan Busur Manual Di Sekolah Menengah Kejuruan

WARDANA, AHMAD RIZAL NURUL KUSUMA (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pengelasan Busur Manual Di Sekolah Menengah Kejuruan. Diploma thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PENGELASAN BUSUR MANUAL.docx

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui langkah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap mata pelajaran pengelasan busur manual; (ii) untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran interaktif berbasis Web yang memenuhi syarat valid, praktis ,efektif pada mata pelajaran pengelasan busur manual di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode reseach and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIED didesain dari 3 model pengembangan yaitu ADDIE, 4-D, Hanafin and Peck yang menghasilkan enam tahap (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Tahap pengembangan materi dipilih dua validator dan kedua validator tersebut memahami tentang langkah-langkah pengembangan pembelajaran interaktif berbasis web. Data dianalisis deskriptif berupa pengkategorian setiap nilai hasil jawaban responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) produk media pembelajaran interaktif berbasis web pada mata pelajaran pengelasan busur manual yang dikembangkan melalui tahap analisis,desain, pengembangan, impelementasi , evaluasi dan penyebaran.; (ii) pembelajaran interaktif berbasis web ditinjau dari penilaian validator dari segi media, materi, buku panduan dan perangkat pembelajaran menghasilkan kategori sangat valid. Respon peserta didik memberikan respon positif dengan kategori sangat praktis dan hasil pengamatan aktivitas peserta didik dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa peserta didik yang diajar menggunakan media interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada mata pelajaran pengelasan busur manual di Sekolah Menengah Kejuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:41
Last Modified: 06 Apr 2018 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7013

Actions (login required)

View Item View Item