Pengaruh KemampuanNumerik danGaya Belajar Terhadap Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas XI MIA SMAN 8 Mandai.

Rosmanida, Rosmanida (2015) Pengaruh KemampuanNumerik danGaya Belajar Terhadap Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas XI MIA SMAN 8 Mandai. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ROSMANIDA.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK ROSMANIDA, 2015.Pengaruh KemampuanNumerik danGaya Belajar Terhadap Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas XI MIA SMAN 8 Mandai. Skripsi.JurusanMatematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuannumerikdan gayabelajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMAN 8 Mandai.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 8 Mandai Tahun Ajaran 2014/ 2015. Sampel dipilihsecaracluster random sampling.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu kuesioner gayabelajar, teskemampuannumerikdan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan program pengolahan data statistik SPSS. Hasil analisis statistikdeskriptifmenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikasiswa kelas XI MIA SMAN 8 Mandai dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 78.79 dengan simpangan baku 7.98 dari skor ideal 100. Gaya belajarsiswakelas XI MIA SMAN 8 Mandaimemiliki skor rata-rata gayabelajar siswa sebesar 63.70tingkatgayabelajarsiswayaitu 53.12% darisiswamemilikigayabelajar visual dan 46.88% siswamemilikigayabelajarnon visual (auditoridankinestetik). Sedangkan kemampuannumerikkelas XI MIA SMAN 8 Mandai dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 79.6 dengan simpangan baku 14.11 dari skor ideal 100. Hasil analisis statistikinferensial yang diperolehadalahsebagaiberikut: 1)tidakterdapatpengaruhpositifgayabelajarterhadaphasilbelajaratematikasiswa kelas XI MIA SMAN 8 Mandai ; 2) terdapatpengaruhpositifkemampuannumerikterhadaphasilbelajarmatematikasiswa kelas XI MIA SMAN 8 Mandaidengankontribusisebesar71.3%; dan 3) terdapatpengaruhpositifgayabelajardankemampuannumeriksecarabersama-samaterhadaphasilbelajarmatematikasiswa kelas XI MIA SMAN 8 Mandaidengankontribusisebesar71%. Adapunpersamaanregresi yang diperolehadalahsebagaiberikut: Y = 41.028-0.643 X_1+0.479X_2. Berdasarkanhasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwaterdapatpengaruhantaragayabelajar dan kemampuannumeric terhadaphasilbelajarmatematika siswa kelas XI MIA SMAN 8 Mandai. Kata Kunci: Gaya Belajar, KemampuanNumerik, HasilBelajarMatematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:43
Last Modified: 29 Apr 2016 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item