Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Interaksi Sosial terhadap Hasil Belajar Pada Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA Hang Tuah Makassar

HANI, EVA SETIA (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Interaksi Sosial terhadap Hasil Belajar Pada Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA Hang Tuah Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (301kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dan interaksi sosial terhadap hasil belajar pada larutan penyangga kelas XI IPA SMA Hang Tuah Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Hang Tuah Makassar tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah peserta didik 67. Pengambilan sampel dengan cara random kelas. Kelas XI IPA2 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA1 yang diajar dengan model pembelajaran langsung (kelas kontrol). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain faktorial 2 x 3 dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner interaksi sosial dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan Two Way Anova dengan tingkat kesalahan 5% (α = 0,05). Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hasil analisis statistik inferensial menujukkan bahwa (a) terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar pada larutan penyangga kelas XI IPA SMA Hang Tuah Makassar; (b) terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar pada larutan penyangga kelas XI IPA SMA Hang Tuah Makassar; (c) tidak terdapat interaksi antara model discovery learning dan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar pada larutan penyangga kelas XI IPA SMA Hang Tuah Makassar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:10
Last Modified: 06 Apr 2018 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7006

Actions (login required)

View Item View Item