Keefektifan Penggunaan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Menemukan Pokok-Pokok Berita yang Ditonton melalui Media Elektronik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Watampone.

NEYARASMI, FADILAH (2017) Keefektifan Penggunaan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Menemukan Pokok-Pokok Berita yang Ditonton melalui Media Elektronik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Watampone. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL.docx

Download (60kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mengkaji kemampuan siswa dalam menemukan pokok-pokok berita yang ditonton melalui media elektronik tanpa menggunakan teknik probing prompting, (2) mengkaji kemampuan siswa dalam menemukan pokok-pokok berita yang ditonton melalui media elektronik dengan menggunakan teknik probing prompting, (3) mengkaji keefektifan teknik probing prompting dalam pembelajaran menemukan pokok-pokok berita yang ditonton melalui media elektronik. Desain penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen dengan jenis penelitian randomized control-group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watampone berjumlah 339 orang yang terbagi ke dalam 12 kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen (kelas VIII-F) berjumlah 28 orang dan kelas kontrol (kelas VIII-J) berjumlah 29 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak berkelompok. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial jenis uji-t yang diolah dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil pembelajaran menemukan pokok-pokok berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watampone dengan menggunakan teknik probing prompting dikategorikan tinggi dan hampir mencapai ketuntasan belajar. Hal ini berdasarkan nilai yang diperoleh siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebesar 82% atau 23 orang siswa memperoleh nilai di atas 75. Perolehan nilai rata-rata siswa adalah 82. Teknik probing prompting efektif digunakan dalam pembelajaran menemukan pokok-pokok berita, (2) hasil pembelajaran menemukan pokok-pokok berita melalui media elektronik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watampone dengan menggunakan metode konvensional (ceramah dan diskusi) tidak mencapai kriteria ketuntasan. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM adalah 13 orang siswa atau 45% dan yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 16 orang siswa atau 55% dengan perolehan nilai rata-rata 72 berada pada kategori sedang. Perbandingan hasil kemampuan kelas eksperimen dan kelas kontrol tampak dari hasil uji-t (hipotesis) menggunakan uji inferensial jenis uji-t independent sample test dan diperoleh nilai thitung = 3,937 dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,004 atau thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Hipotesis alternatif (H1) diterima apabila nilai thitung ≥ ttabel. Sebaliknya, H1 ditolak apabila thitung < nilai ttabel. Dengan kata lain, hipotesis (H1) diterima apabila nilai thitung lebih besar atau sama dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menemukan pokok-pokok berita melalui media elektronik dengan menggunakan teknik probing prompting dan metode konvensional

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:09
Last Modified: 06 Apr 2018 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7005

Actions (login required)

View Item View Item