Pengaruh Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar. Skripsi Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.

Rismayanti, Jalil (2013) Pengaruh Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar. Skripsi Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Rismayanti Jalil.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Rismayanti Jalil, 2013 Pengaruh Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar. Skripsi Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar IPS di SMP Negeri 1 Mangarabombang Kab. Takalar, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mangarabombang Kab.Takalar dan untuk mengetahuai seberapa besar pengaruh media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mangarabombang Kab. Takalar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari pengaruh media pembelajaran (variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Mangarabombang sebanyak 760 orang serta yang menjadi sampel sebanyak 84 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran penggunaan media pembelajaran dalam kategori “sangat baik” dengan indikator media cetak dan media elektronik dan gambaran motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori “ sangat baik”dengan indikator yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dan adanya lingkungan belajar yang kondusif, sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik. serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 1 Mangarabombang. .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:43
Last Modified: 29 Apr 2016 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item