Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi dalam Pelajaran IPS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V di SD Inpres Banta Bantaeng I Kota Makassar

NURFAIDAH P,, ANDI (2017) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi dalam Pelajaran IPS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V di SD Inpres Banta Bantaeng I Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL ANDI NURFAIDAH P DIKDAS A.docx

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Banta Bantaeng I Kota Makassar yang bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe group investigasi oleh guru dan peserta didik kelas V di SD Inpres Banta Bantaeng I Kota Makassar, 2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan kooperatif tipe group investigasi, 3) Untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis peserta didik kelompok kontrol sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran konvensional, 4) Untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe group investigasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Inpres Banta Bantaeng I Kota Makassar. Masalah penelitian ini yaitu apakah pembelajaran kooperatif tipe group investigasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Banta Bantaeng I Kota Makassar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik SD Inpres BBI dan 15 peserta didik SD Inpres BB. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan guru dan peserta didik dalam proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe group investigasi mengalami peningkatan, 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelompok eksperimen dengan menggunakan kooperatif tipe group investigasi mengalami peningkatan, 3) Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelompok kontrol dengan pelaksanaan pembelajaran konvensional tidak mengalami peningkatan, 4) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe group investigasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Inpres Banta Bantaeng I Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:28
Last Modified: 06 Apr 2018 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6994

Actions (login required)

View Item View Item