Peranan Guru Dalam Pembelajaran Motorik Halus Seni Rupa (Mewarnai) Pada Peserta Didik TK Pertiwi DWP Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan

ANSYARI., MAS’UD UQBAH AL (2017) Peranan Guru Dalam Pembelajaran Motorik Halus Seni Rupa (Mewarnai) Pada Peserta Didik TK Pertiwi DWP Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)

ABSTRAK Pembelajaran motorik halus seni rupa adalah suatu kegiatan belajar, di mana pembelajaran tersebut sangat menekankan kepada pelatihan tangan atau jari-jari yang mengkordinasikan dengan mata dalam menghasilkan sesuatu yang kreatif dan indah misalnya dalam seni rupa dapat membuat gambar, patung, bentuk dan lain sebagainya. Pembelajaran motorik halus seni rupa memberikan sumbangan bagi perkembangan kepribadian anak di TK, yang tidak mampu diberikan oleh mata pelajaran lain, di antaranya adalah pengalaman estetik atau rasa indah kemudian ekspresif atau berekspresi dan yang terakhir adalah kreatif atau ide baru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini (i) Bagaimanakah peranan guru dalam pembelajaran motorik halus seni rupa melalui kegiatan (mewarnai) di TK Pertiwi DWP Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (ii) Hambatan-hambatan apa saja yang dialami oleh guru dalam hal pembelajaran motorik halus seni rupa mewarnai di TK Pertiwi DWP Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu untuk memperoleh gambaran tentang penanaman nilai-nilai sikap siswa dalam Hal pembelajaran motorik halus Seni Rupa mewarnai di TK Pertiwi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun hasil penelitian yaitu, (i) Persiapan pembelajaran yang diterapkan oleh guru kelas toodler di TK Pertiwi DWP adalah persiapan pemberian tugas dengan mengajak anak untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru yakni tugas kegiatan pembelajaran motorik halus seni rupa seperti dengan memberikan tugas mewarnai, menggambar, membentuk serta melipat dan lain sebagainya. Media yang digunakan oleh guru seperti kertas, krayon, karton dan sudah memenuhi standar media dalam pendidikan. Salah satu pendukung yang paling utama dalam proses belajar mengajar motorik halus seni rupa di TK Pertiwi DWP Penilaian hasil pembelajaran anak di TK “Pertiwi” menggunakan lembar pengamatan harian, di mana lembar isian ini menggunakan cek tanda centang atau catatan kecil untuk dapat mengukur kemampuan anak dalam melaksanakan kegiatan motorik halus seni rupa. (ii) Masalah atau kendala yang menjadi penghambat bagi anak maupun guru dalam melaksanakan pembelajaran kekhawatiran guru paling utama adalah pada saat pembelajaran motorik halus seni rupa yang menggunakan media gunting dalam berkreasi bahan kertas sebab anak butuh perhatian khusus dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:11
Last Modified: 06 Apr 2018 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6989

Actions (login required)

View Item View Item