Pengembangan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Pemahaman Konsep Sains di SDN 126 Inpres Kariango Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros

AHMAD., NUR ASRIANI (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Pemahaman Konsep Sains di SDN 126 Inpres Kariango Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel s-3m together.docx

Download (53kB)

ABSTRAK Pembelajaran dengan menggunakan mind mapping dapat membantu siswa dalam mencapai pemahaman konsep materi pelajaran. mind Mapping yang dikemukakan oleh Tony Buzan adalah metode berpikir memancar dan menggunakan teknik mengingat yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dasar anak serta anak menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran kebutuhan pengembangan model pembelajaran mind mapping di SDN 126 Inpres Kariango, (2) bagaimana gambaran desain pengembangan model pembelajaran mind mapping, (3) bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development), menggunakan model ADDIE terdiri dari 5 tahap pelaksanaan yaitu 1. Analysis (Analisa) 2. Design (Desain/Perancangan), 3. Development (Pengembangan), 4. Implemetation (Implementasi) dan 5.Evaluation (Evaluasi). Namun batasan pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini hanya dari tahap Analysis (Analisis), tahap Design (Desain), dan sampai tahap Development (Pengembangan). Lokasi penelitian ini di SDN 126 Inpres Kariango. Penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan model pembelajaran mind mapping dalam pencapaian pemahaman konsep sains di sekolah dasar. Untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan produk pengmbangan maka instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar penilaian, lembar observasi, lembar validasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran kebutuhan pengembangan model pembelajaran melalui tahap analisa (Analysis) yaitu analisis proses pembelajaran dan analisa perangkat pembelajaran. Dari tahap analisis, diperoleh data bahwa model pembelajaran mind mapping siswa belum terlaksana maksimal, guru belum menggunakan perangkat pembelajaran yang tepat, serta proses pembelajaran belum memperhatikan karakteristik siswa. 2) Gambaran desain pengembangan model pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran sains di sekolah dasar adalah melalui tahap desain model ADDIE yaitu mendesain sebuah produk pengembangan model pembelajaran mind mapping yang berupa model pembelajaran Students Make Mind Map Together (S-3M Together). Prototipe yang dihasilkan berupa buku model pembelajaran yang terdiri dari komponen filosofis dan komponen operasional, serta perangkat pembelajaran yang relevan. 3) Pada tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh dua ahli dan uji coba terbatas terhadap instrument penelitian, prototipe model pembelajaran serta perangkat pembelajaran dan menghasilkan model yang valid dan praktis untuk pembelajaran sains di kelas IV SDN 126 Inpres Kariango Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:01
Last Modified: 06 Apr 2018 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6988

Actions (login required)

View Item View Item