Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dalam Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar

FAJRIN., SYARIFAH NUR (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dalam Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS pada siswa di SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar.; (ii) untuk mengetahui gambaran tingkat hasil belajar IPS pada siswa di SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar; (iii) untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa di SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneitian yang digunakan adalah Eksperimental Research dengan jenis Pre Eksperimental. Adapun teknik pengumpulan data melalui teknik tes, oservasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pelaksanaan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dilaksanakan oleh guru melalui tahapan numbering, questioning, head together, dan answering serta melibatkan siswa dalam penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran sebanyak 6 kali pertemuan, 1 kali untuk pelaksanaan Pre Test, 4 kali pertemuan untuk proses pembelajaran, dan 1 kali untuk pelaksanaan Post Test. Pada pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama, terlihat suasana kelas sangat gaduh, berbeda pada pertemuan selanjutnya dimana siswa sudah mulai memahami tanggung jawabnya masing-masing. Begitupun pada pertemuan ketiga dan keempat dapat dilihat kerjasama dan antusiasnya juga meningkat terutama ketika guru memanggil satu per satu nomor siswa; (2) Penelitian menunjukkan hasil belajar IPS siswa sesudah dibelajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan; (3) Penggunaan model kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2

PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:29
Last Modified: 06 Apr 2018 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6976

Actions (login required)

View Item View Item