DESKRIPSI POLA INTERAKSI EDUKATIF PADA PENERAPAN MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CINA KABUPATEN BONE

MASRIANA, MASRIANA (2017) DESKRIPSI POLA INTERAKSI EDUKATIF PADA PENERAPAN MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CINA KABUPATEN BONE. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL MASRIANA (15B07073).docx

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pola interaksi edukatif siswa bergaya belajar visual, audiotori, dan kinestetik dalam penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction diinjau dari gaya belajar siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Cina Kab. Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa yang terbagi dalam 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang dan rendah, serta masing-masing kelompok terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, satu siswa dengan gaya belajar audio, dan satu siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama, lembar observasi interaksi siswa dan wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola interaksi edukatif yang terjadi pada siswa yang memiliki gaya belajar visual yaitu pola guru – anak didik – anak didik, anak didik saling belajar satu sama lain. Pola ini didukung oleh gaya belajar yang dimiliki oleh siswa dimana mereka lebih mengingat apa yang dilihatnya daripada didengarkan. Jadi mereka akan meminta guru menjelaskan dengan tulisan dan setelah itu mereka cenderung akan bertanya dan melihat contoh yang ada di buku atau catatannya tanpa balik bertanya lagi ke gurunya. 2) Pola interaksi edukatif yang terjadi pada siswa yang memiliki gaya belajar audio yaitu pola guru – anak didik, anak didik – guru, anak didik – anak didik, interaksi optimal antara guru dan anak didik dan antara anak didik dengan anak didik. Pola ini didukung oleh tipe gaya yang dimiliki oleh siswa audio di mana mereka mengandalkan kesuksesan belajarnya melalui telinga (pendengaran). Mereka dapat belajar lebih cepat dengan menggunakan diksusi verbal dan mendengarkan apa yang guru katakan. Informasi tertulis terkadang mempunyai makna minim bagi siswa audiotori. dan 3) Pola interaksi edukatif yang terjadi pada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yaitu pola guru – anak didik, anak didik – guru, anak didik – anak didik, nteraksi optimal antara guru dan anak didik dan antara anak didik dengan anak didik. Pola ini didukung oleh tipe gaya yang dimiliki oleh siswa kinestetik di mana mereka mengingat secara baik bila secara fisik terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta menikmati kesempatan untuk menyusun atau menangani secara fisik materi pembelajaran. Kata kunci : pola interaksi edukatif, Aptitude treatment interaction, gaya belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:15
Last Modified: 06 Apr 2018 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item View Item