Identifikasi Pola Interaksi Guru dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Enrekang. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Herman, S.Pd., M.Si dan Muhammad Zulfadli, SH., M.Hum).

RESKI, EKA SAPUTRI (2014) Identifikasi Pola Interaksi Guru dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Enrekang. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Herman, S.Pd., M.Si dan Muhammad Zulfadli, SH., M.Hum). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
RESKI EKA SAPUTRI. S. 2014.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK RESKI EKA SAPUTRI. S. 2014. Identifikasi Pola Interaksi Guru dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Enrekang. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Herman, S.Pd., M.Si dan Muhammad Zulfadli, SH., M.Hum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku orang-orang yang diamati. Maka dalam penelitian ini, peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru-guru IPS dan siswa-siswi SMP Negeri 1 Enrekang dengan wawancara dan mencari data dengan mengkaji dokumentasinya. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pola interaksi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Enrekang, dapat diketahui bahwa pola interaksi yang paling sering dilakukan dalam proses belajar mengajar adalah pola interaksi guru-murid murid-guru murid-murid dimana interaksi yang terjadi adalah multiarah, siswa aktif dan saling bekerja sama dalam proses pembelajaran. Adapun pola lain yang biasa digunakan oleh guru adalah pola guru-murid yang melahirkan interaksi satu arah dan membuat siswa menjadi bosan dan pasif dalam mengikuti pelajaran. Pola guru-murid-guru terjadi ketika guru menggunakan metode tanya jawab. Pola guru-murid-murid terjadi ketika guru memberikan penugasan, kemudian siswa yang berdekatan diminta untuk saling bertukar pikiran menjawab pertanyaan tersebut. Adapun untuk pola melingkar tidak ditemukan dalam proses pembelajaran, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu yang tidak memadai. Dari uraian diatas dapat dipahami bahwa pola interaksi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Enrekang sudah baik, hal ini karena rata-rata guru menggunakan pola interaksi guru-murid murid-guru murid-murid dimana interaksi yang terjadi adalah multiarah dari guru ke siswa, siswa ke guru dan siswa ke siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item View Item